Header Ads

BKN Pakai Sistem Ranking Buat Pilih Peserta yang Tak Lolos SKD CPNS 2018, Cek Peluang Kamu Ikut SKB



WEBPSIKOTES.COM -- Passing Grade SKD CPNS 2018 alias batas nilai minimal diganti sistem ranking, berarti segera cek peringkat skormu dengan membandingkan skor pesaing-pesaingmu di tes Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS 2018.

Banyak peserta CPNS 2018 gagal saat tes SKD karena sebagian besar peserta tes CPNS tidak mengikuti tryout CAT CPNS sebelum mengikuti tes yang sesungguhnya. Padahal Tryout CAT CPNS sangat penting untuk mengukur sejauh mana kesiapan untuk menghadapi tes yang sesungguhnya, apakah sudah bisa mencapai passing grade atau belum? Tryout CAT CPNS sudah berkali-kali diselenggarakan oleh Tim CPNSONLINE di sini.

Karena itu skor mereka tidak melampaui passing grade alias batal nilai minimal, akhirnya pemerintah memutuskan sistem ranking jadi solusinya.

Padahal hingga hari ini masih ada Tes SKD CPNS 2018 di berbagai daerah sehingga sistem ranking belum dapat diterapkan. 

Bagaimana cara mengetahui ranking berapa dalam formasi CPNS 2018 yang dipilih? Dalam artikel ini TribunStyle akan membahasnya.

Kepastian diterapkannya sistem ranking untuk formasi yang hanya sedikit peserta lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Bima Haria Wibisana mengatakan, solusi sistem ranking itu diterapkan karena dikhawatirkan banyak formasi yang kosong akibat banyaknya peserta CPNS 2018 yang tidak lolos passing grade SKD.

Khususnya untuk posisi guru dan tenaga kesehatan yang sekarang banyak dibutuhkan.
Bima juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak mau menurunkan passing grade.

Alasannya, penurunan passing grade dikhawatirkan akan merekrut Apartur Sipil Negara (ASN) yang tidak berkualitas.

Namun jika teman-teman masih belum lulus juga baik pada sistem passing grade maupun sistem rangking, teman-teman tidak perlu khawatir, yakinlah rezeki tidak akan lari ke mana. Yang penting kita berusaha dan berdoa, insyaallah rezeki akan datang. 

Banyak cara untuk mencari rezeki misalnya Bisnis Online, saat ini Bisnis Online sangat mudah dijalankan dan memberikan hasil yang jauh Lebih BESAR dibandingkan kerja sebagai Pegawai atau Karyawan. Jika belum tau caranya silahkan simak Video Tutorial Memulai Bisnis Online, Klik di sini dan juga di sini.

"Sekarang kalau di daerah bagaimana solusinya. Kita lihat kalau ini dibiarkan kosong bagaimana, kalau diisi bagaimana. Formasi tahun ini itu sebagian terbesar adalah guru dan tenaga kesehatan," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana melansir dari Kompas.com (16/11/2018).

"Kalau guru dan tenaga kesehatan kosong, ini siapa yang akan mengajarkan anak - anak. Kan lebih baik ada gurunya dari pada tidak sama sekali. Jadi itu perlu," tambahnya saat meninjau pelaksanaan seleksi CPNS di Kota Malang, Jumat (16/11/2018).

"Caranya bagaimana, kalau diturunkan passing grade, kan dapatnya PNS yang elek - elek (jelek - jelek). Balik lagi ke guru yang tidak berkualitas. Apakah kita mau anak - anak kita diajar oleh guru - guru yang tidak berkualitas. Nggak mau, siapa yang mau. Jadi harus bagus."

"Nah, mungkin penurunan passing grade itu tidak menjadi pilihan. Tapi anak - anak (peserta) tes ini yang passing gradenya belum memenuhi itu banyak yang skor totalnya tinggi sekali."

"Kemudian kita lakukan perankingan di sana. Yang jumlahnya tinggi - tinggi ini berapa orang sih, untuk mengisi formasi - formasi yang kosong itu. Itu kan tidak mengurangi passing grade. Artinya kita tidak menurunkan kualitas PNS-nya gitu," ungkapnya.
Proses ranking peserta seleksi CPNS itu menunggu peserta seleksi yang lulus murni atau peserta yang memenuhi passing grade.

Penentuan kelulusan peserta melalui proses ranking disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yakni berjumlah minimal tiga kali formasi yang tersedia.

Jika jumlah formasi yang dibutuhkan adalah 1 maka jumlah peserta yang berhak mengikuti SKB adalah 3 orang.

Proses Ranking Belum Dilakukan, Cek Skor Pesaingmu
Meskipun sistem ranking ini belum dilakukan, tapi setidaknya kalian dapat memperkirakan peringkat nilaimu dalam tes SKD CPNS 2018.

Kalian perlu mengetahui skor pesaing atau peserta lain yang mengambil formasi yang sama denganmu!

Caranya lihat rekap skor tes SKD di masing-masing instansi dan buat peringkat sederhana.
Berikut ini TribunStyle.com berikan link untuk mengetahui rekap skor nilai SKD CPNS 2018 di beberapa instansi:

1. Hasil SKD CPNS Provinsi Jateng Tahun 2018 
http://bkd.jatengprov.go.id/new/article/view/673

2. Hasil SKD CPNS Provinsi Jatim Tahun 2018 
http://bkd.jatimprov.go.id/statis-62-nilai.html

3. Hasil SKD CPNS Provinsi Bali Tahun 2018 
http://www.bkd.baliprov.go.id/id/HASIL-SEMENTARA-SELEKSI-KOMPETENSI-DASAR-CPNS--DI-LINGKUNGAN-PEMERINTAH-PROVINSI-BALI-TAHUN-2018

4. Hasil SKD CPNS Provinsi Bangka Belitung Tahun 2018

5. Hasil SKD CPNS Pemerintah Kota Makassar Tahun 2018

Sambil menunggu jadwal tes SKB, silahkan persiapkan diri anda sebaik-baiknya untuk menghadapi Tes SKB, Psikotes dan Tes Wawancara di Persiapan-Tes-SKB-CPNS dan atau di Latihan-Soal-CPNS


Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul BKN Pakai Sistem Ranking Buat Pilih Peserta yang Tak Lolos SKD CPNS 2018, Cek Peluang Kamu Ikut SKB, http://makassar.tribunnews.com/2018/11/19/bkn-pakai-sistem-ranking-buat-pilih-peserta-yang-tak-lolos-skd-cpns-2018-cek-peluang-kamu-ikut-skb?page=4.
Editor: Sakinah Sudin

No comments

Bagaimana pendapat Anda tentang Artikel di atas...??
Silahkan beri komentar dan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini..!

Powered by Blogger.